Pekerja dibantu alat berat menyelesaikan pembangunan proyek tanggul laut raksasa di Kalibaru, Jakarta, Senin (7/5). Kementerian PUPR menargetkan pembangunan tanggul laut Kalibaru - Cilincing sepanjang 2,2 kilometer sebagai pengaman pantai Jakarta Tahap II tersebut akan rampung pada pertengahan tahun 2018. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menginginkan konsumsi ikan di pulau Jawa ditingkatkan karena dinilai masih jauh tertinggal dengan berbagai wilayah lainnya di Republik Indonesia.

“Di Jawa ini kurang makan ikan, makanya kita buat acara seperti ini,” kata Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Rifky Effendi Hardijanto, Senin (4/6).

Sebagaimana diketahui, KKP telah menyelenggarakan “Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan Pasar Ikan Ramadan” di Area Parkir Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (3/6).

Kegiatan tersebut dimeriahkan oleh 20 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bidang kelautan dan perikanan, baik UKM produk perikanan segar, olahan, maupun kerajinan tangan.

Rifky mengingatkan, Indonesia memiliki potensi sumber daya ikan sebesar 9,9 juta ton dan potensi luas lahan budidaya 83,6 juta hektare (ha).

“Potensi ini lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan protein ikan bagi masyarakat serta mampu membuka banyak lahan pekerjaan,” kata Dirjen PSDKP KKP.

(Andy Abdul Hamid)