Bangka Blitung, aktual.com – Komunitas Literasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meminta perpustakaan di daerah itu buka pada hari libur yakni Sabtu dan Minggu.

Ketua Literasi Babel Feryandi Komeng di Pangkalpinang, Rabu, meminta pemerintah provinsi membuat regulasi sebagai payung hukumnya agar perpustakaan buka pada hari libur kerja.

“Usulan ini perlu disampaikan dalam rangka menggalangkan minat baca generasi muda. Sehingga perpustakaan dapat menjadi alternatif lokasi wisata para pecinta buku untuk menghabiskan waktu akhir pekan,” ujarnya.

Ia meminta Gubernur Babel Erzaldi Rosman dapat mempertimbangkan usulan ini dengan serius untuk menumbuhkan minat baca masyarakat.

“Ini kami usulkan karena pada hari libur seperti Sabtu dan Minggu, Rumah Literasi Babel banyak di datangi guru dan anak didiknya dan mereka berharap ada perpustakaan buka hari libur,” ujarnya.

Ia mengatakan, pada Sabtu dan Minggu orang tua banyak libur bekerja dan waktu tersebut dapat di gunakan mereka untuk mengajak anak-anaknya ke perpustakaan.

Pada beberapa daerah, kata dia, sudah menerapkan perpustakaan buka hari libur di antaranya Perpustakaan daerah Sumatera Utara, Perpustakaan daerah Kabupaten Mempawah, Perpustakaan daerah Provinsi Lampung, Perpustakaan Umum Kabupaten Gresik.

“Saya pikir, langkah ini sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat yang sedang menggalakkan gerakan literasi nasional,” tambah Komeng. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)