Jakarta, Aktual.co — Parkour merupakan suatu gerakan berpindah tempat dengan mengandalkan keefisienan dan kelenturan gerakan tubuh. Seni gerakan ini sangat cepat, berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Meski tergolong olahraga ekstrim, sebenarnya parkour merupakan suatu disiplin diri.

Berpindah-pindah dari satu titik ke titik lain membutuhkan timing yang tepat, bukan perkara yang mudah. Seperti halnya dengan komunitas parkour-para praktisi parkour sebutan orang yang sering melakukan latihan gerakan tersebut- mereka harus sering mengulangi gerakan parkour agar mahir.

Bicara parkour, sebenarnya tehnik ini sudah ada sejak tahun 1993, yang diperkenalkan oleh David Belle, di negaranya Perancis. Seiring perkembangannya, komunitas parkour mulai merambah ke seluruh dunia. Sedangkan, di Indonesia baru mengenal parkour pada 2007.

Moamer Ikhwal, ketua Ranger Parkour Tangerang menjelaskan, parkour memiliki fisiologi yakni aktivitas atau gerakan yang bertujuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, dengan efisien dan secepat-cepatnya, menggunakan prinsip kemampuan tubuh manusia.

Ikhwal mengatakan, perlengkapan yang harus disiapkan oleh para praktisi yaitu, memakai sepatu, celana training, kaos t-shirt, dan air minum. “Intinya mereka harus displin setiap kali melakukan latihan agar dapat menguasai setiap gerakkan,” ujarnya, di Jakarta.  Parkour pemula harus mempelajari beberapa gerakan dasar (basic). Diantaranya, belari (running), melompat (jumping), dan memanjat (climbing).

()