Jakarta, Aktual.com — Investor Korea Selatan akan membangun jalur gas dari Gresik, Kabupaten Musi Banyuasin, menuju kawasan ekonomi khusus Tanjung Api Api Banyuasin, Sumatera Selatan. Investor tersebut merupakan perusahaan Buckingham Ltd, Korea Gas Corporation dan Perusahaan asal Thailand Strait Assets.

“Pembangunan jalur gas itu akan bekerja sama dengan perusahaan daerah,” kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Kamis (25/2).

Menurut dia, pipa gas tersebut untuk memasok energi gas di kawasan ekonomi khusus dan sekitar Pelabuhan ekspor dan impor Tanjung Api-Api.

Apalagi kasawan ekonomi khusus Tanjung Api-Api (TAA) itu akan berdiri sejumlah proyek dalam skala besar dan kecil sehingga nantinya membutuhkan energi gas dan minyak bumi. Oleh karena itu kerja sama dengan perusahaan Korea Selatan juga untuk menghidupkan kawasan ekonomi khusus tersebut.

Ketika ditanya mengenai kesiapan investor asing tersebut, dia mengatakan, memang program itu sudah lama dan sekarang diperkuat lagi. Bahkan investor itu sudah menjajaki masalah pembangunan tersebut.

Sementara itu Direktur Utama Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi Sumsel A Yaniar Hasan mengatakan jalur penyaluran gas itu mengutamakan ke kawasan ekonomi khusus, karena pihak investor Korea Selatan tersebut juga akan membangun pembangkit listrik.

“Semua program pembangunan itu tidak lain sebagai persiapan dalam percepatan pembangunan kawasan ekonomi khusus Tanjung Api-Api,” tambah dia.

(Eka)