Sejumlah polisi siap berjaga melakukan pengamanan Natal 2017 dan Tahun 2018 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2017). Fokus pengamanan adalah tempat-tempat hiburan dan tempat-tempat vital serta gereja kemudian jalur baik kereta, darat, udara, stasiun-stasiun di seluruh Tanah Air. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, aktual.com — Objek Vital Nasional (Obvitnas) merupakan aset negara yang menyangkut hajat hidup orang banyak, dan sebagai sumber pendapatan negara bersifat strategis. Salahsatunya PT Krakatau Steel, Tbk, di Cilegon, Banten.

Oleh karena itu, objek vital nasional bukan hanya TNI-Polri untuk mengamankannya melainkan juga perlu adanya peran serta masyarakat dalam mellindunginya.

“Saya kira perlu menjadi perhatian serius terkait keamanan objek vital nasional dari gangguan terorisme atau pihak pihak yang berpaham radikalisme. Termasuk PT Krakatau Steel perlu menjadi perhatian dari pihak keamanan baik Polri dan TNI,” kata  Sekjen Kornas-Jokowi, Akhrom Saleh, melalui keterangan persnya di Jakarta, Jumat (15/7/2022).

Demikian kata Akhrom, sebelum terjadi hal hal yang tidak diinginkan perlu adanya antisipasi dalam kerangka mengamankan obvitnas, misal sosialisasi publikasi ke masyarakat di sekitar kawasan obvitnas, bahwa objek vital nasional bagian penting dalam menggerakkan perekonomian nasional termasuk warga negara yang berkepentingan di dalamnya.

“Jadi memang penting bagi kita semua untuk menjaga obvitnas dari gangguan terorisme dan paham radikalisme. Jangan sampai obvitnas di sabotase oleh pihak pihak yang berpaham radikal dan terorisme Salahsatunya PT Krakatau Steel yang merupakan bagian dari industri baja nasional, tentunya bagian dari obvitnas yang perlu dijaga bersama. Bahkan lebih jauhnya, kami mensinyalir ada pihak-pihak yang menyusupi berpaham radikalisme mengganggu obvitnas (PT Krakatau Steel),” tandas Akhrom.

(Zaenal Arifin)