Ilustrasi

Tangerang, aktual.com – Dinas Pendidikan Kota Tangerang meluncurkan aplikasi e-Absen untuk memudahkan orang tua dan guru memantau kehadiran siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di sekolah.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah didampingi Wakil Wali Kota H Sachrudin serta Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Masyati meluncurkan aplikasi tersebut di SMPN 32 Kota Tangerang, Cipondoh, Selasa [10/3].

“Guru dan orang tua bisa memonitor absensi putera puterinya melalui aplikasi Tangerang Live. Jadi transparansi pendidikan bisa dimonitor bersama,” kata Wali Kota.

“Nantinya para guru harus terbiasa dan disiplin dalam mengisi absensi dari para murid didiknya di sekolah,” katanya, menambahkan bahwa aplikasi itu merupakan hasil pengembangan aplikasi layanan pendidikan seperti e-Raport.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Masyati menjelaskan aplikasi e-Raport ditujukan untuk memfasilitasi para orang tua memantau perkembangan pendidikan anak.

Menurut dia, aplikasi itu sudah siap digunakan di 90 persen sekolah dasar dan sekolah menengah pertama negeri maupun swasta di Kota Tangerang.

“SD dan SMP negeri sudah, 10 persen lagi yang sekolah swasta,” katanya.

Wali Kota mengatakan nantinya semua data dan informasi perihal pendidikan di Kota Tangerang bisa diakses melalui aplikasi Tangerang Live.

​​​​​​​​​​​​​​

(Eko Priyanto)