Muara Enim, Aktual.Com – Untuk memastikan proyek strategis nasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumsel 1 berjalan dengan lancar, Pj. Bupati Kurniawan bersama Kapolres Muara Enim, AKBP Aris Rusdiyanto mengunjungi lokasi pembangunan PLTU Sumsel 1 di Desa Tanjung Menang, Kecamatan Rambang Niru, pada Kamis (04/08).

Dalam kunjungan nya Pj Bupati disambut oleh pimpinan kontraktor proyek, yaitu Manajer Administrasi PT. Shenhua Guohua Lion Power Indonesia (SGLPI), Wang Yabin dan Manajer PT. Shandong Electric Power Engineering Consulting Institute Corp., Ltd. (SDEPCI), Yang Guo Shuai.

Pj. Bupati menegaskan Pemkab. Muara Enim akan mendukung kelancaran pembangunan PLTU dan tentunya berharap perusahaan kontraktor tetap berkomitmen menyerap tenaga kerja lokal.

Lebih lanjut Kurniawan yang menyampaikan bahwa sebagai kepala daerah, dirinya menjamin terciptanya iklim investasi yang baik di Kabupaten Muara Enim, tidak hanya memberikan kenyamanan bagi penanam modal dalam negeri, melainkan juga bagi penanam modal asing.

Oleh sebab itu dirinya berharap kedua perusahaan kontraktor, termasuk PT. Guangdong Power Energy Co., Ltd. (GPEC) sebagai subkontraktor yang menaungi para buru di proyek PLTU berkapasitas 2×350 megawatt yang rencananya rampung pada 2024 tersebut dapat terbuka kepada pemerintah daerah dengan menjalin komunikasi yang baik, terutama jika terdapat permasalahan sehingga dapat diselesaikan bersama.

Selain itu, Kurniawan juga menyoroti penyerapan tenaga kerja lokal yang menurutnya harus diutamakan, terlebih untuk tenaga kerja tanpa keahlian khusus (nonskill) agar berasal dari masyarakat sekitar perusahaan, sedangkan untuk tenaga kerja yang memerlukan keahlian khusus (skilled jobs) masih diperbolehkan berasal dari luar tetapi harus memberikan transfer ilmu atau pembibitan bagi tenaga kerja lokal.

“Tentunya saya selaku kepala daerah menyampaikan keinginan masyarakat sekitar untuk paling tidak manfaatkan Sumber Daya Manusia yang berasal dari putra-putri daerah di Kabupaten Muara Enim khususnya yang ada disekitaran areal proyek,”pungkas Kurniawan.

Sementara itu Manajer Administrasi PT. SGLPI mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan dukungan Pj. Bupati. Dirinya memastikan akan terus menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah dan mengupayakan penyerapan tenaga kerja lokal, khususnya bagi masyarakat sekitar.

Ikut hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo dan Camat Rambang Niru.

(Apriansyah)