Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Hetty Andika Perkasa mengunjungi Vihara Dharma Surya yang terletak di Dusun Janggleng, Desa Tlogowungu, Kaloran, Temanggung.⁣

Ini merupakan rangkaian kunjungan dari kegiatan Istri KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa saat berada di Jawa Tengah pekan lalu. Vihara Dharma Surya adalah pura pertama yang ada di Kaloran untuk tempat beribadah umat Budha.

Di wilayah tersebut mayoritas penduduknya menganut agama Budha. Toleransi antar umat beragama sangat terasa disini. Sehingga berhasil membuat hubungan antar masyarakat terasa hangat dan nyaman.⁣

Hetty bersama anggota Persit Kartika Chandra Kirana Kodam IV Diponegoro selain menyapa warga juga melaksanakan bhakti sosial dengan membagikan paket sembako.

Setelah selesai melaksanakan rangkaian kegiatan di Vihara Dharma Surya, Hetty Andika Perkasa mengunjungi sebuah rumah sederhana yang dihuni sepasang suami istri Mbah Mario (80) dan Mbah Bawon (70).

Dalam kesempatan tersebut, Hetty berbincang dengan Mbah Mario dan Mbah Bawon seperti dilansir dari Chanel Youtube TNI AD yang diunggah, Minggu (19/7),

“Bapak kerjanya apa?” tanya Hetty kepada Mbah Mario. “Petani,” jawab Mbah Mario.

Di usia lanjut Mbah Mario ternyata masih bersemangat mengais rezeki, bukan hanya bertani saja yang dilakoninya, tetapi juga berdagang dan menjual bambu.

Bambu dijual maksudnya diapakan Pak?” tanya Hetty kembali kepada Mbah Mario.
“Untuk keranjang tembakau,” ujar Mbah Mario menjawab pertanyaan Hetty.

Mbah Mario diketahui menjual bambu saat musim tambakau. Dalam satu tahun musim tembakau di walayahnya hanya terjadi satu kali  selama 3 bulan.

Bukan hanya itu, Hetty pun memberikan tongkat jalan kepada Mbah Bawon.

Mbah Bawon sehari-hari memakai tongkat yang terbuat dari bambu untuk membantunya berjalan karena kakinya cidera.
bah Bawon.

“Mbah kan pakai tiongkat ini (tongkat bambu). Nah nanti belajar pakai ini nih Mbah. Ini kakinya 4, lebih kuat,” katanya.

Untuk tinggi rendahnya menurut Hetty, alat bantu jalan tersebut bisa disesuaikan dengan tubuh Mbah Bawon. “Nanti bisa diatur tinggi dan pendeknya seberapa,” ucap dia.

Mendapat alat bantu jalan dari Hetty Andika Perkasa wajah Mbah Bawon pun berseri.
Senyum Mbah Bawon pun mengembang ketika menerima alat bantu jalan tersebut.
“Terima kasih banyak, terima kasih,” ujar Mbah Bawon.⁣ (FSB)

(Tino Oktaviano)