Jakarta, Aktual.com — PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan produk Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi jenis baru dari jenis diesel, yaitu dexlite pada bulan April 2016. Sama seperti pertalite yang dikhususkan untuk masyarakat menengah, dexlite ini bertujuan untuk mengurangi beban subsidi negara.

“Saya harapkan April sudah keluar, Harganya sekitar Rp 7.000 per liter,” ujar Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang, Minggu (28/3).

Bambang menyebutkan, Pulau Jawa akan dijadikan area penjualan tahap pertama. Jika ini menarik permintaan masyarakat, maka akan dilanjutkan pada pulau luar Jawa.

“Penjualannya Jawa dulu. Kalau ini terobosan itu mengubah pola industri otomotif dan akan banyak kendaraan menggunakan solar,” kata dia.

Dengan diluncurkannya dexlite ini kata Bambang tentunya untuk memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan solar dengan kualitas lebih baik. Namun dengan harga yang juga terjangkau.

“Buat Fortuner itu kalau pakai solar itu ngeden lah. Apalagi solar itu campur fame. Kalau ini cetane number bisa 51, sulfur contains 1.000-1.200,” tambah Bambang.

(Arbie Marwan)