Pelalawan, Aktual.com – Dalam rangka memeriahkan peringatan hari Pramuka ke-61 Kwartir Cabang 0411 Gerakan Pramuka Pelalawan mengadakan Upacara hari Pramuka serta Perkemahan Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak se-Kabupaten Pelalawan. Upacara serta Kemah diselenggarakan di Bumi Perkemahan Bukit Sagaria, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan.

Kegiatan bertemakan “Perkemahan Besar Pramuka Penegak dan Pandega Pelalawan 2022”. Perkemahan Besar Pramuka Penegak dan Pandega Pelalawan 2022 di mulai pada hari Kamis 22 September dan berakhir Minggu 25 September 2022.

H. Syafrizal, SE selaku ketua KwarCab Pelalawan dalam sambutannya mengatakan kegiatan Perkemahan Besar yang kini terlaksana di Bumi Perkemahan Bukit Sagaria sekaligus memperingati hari ulang tahun Pramuka ke – 61 serta memperingati 110 tahun Gerakan Pramuka sejak tahun 1912 di Indonesia.

“HUT Pramuka ke-61 Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa, tema ini menunjukkan tekat untuk terus mengabdi tanpa batas dibidang masing-masing. Pengabdian yang kita lakukan merupakan pendidikan di dalam Gerakan Pramuka sejak usia Pramuka siaga, adik-adik kita telah di didik untuk membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” papar Syafrizal, Jumat (23/9).

Peserta Perkemahan  Besar Pramuka Penegak dan Pandega Pelalawan 2022, untuk peserta Penegak sebanyak 30 Gudep dan 45 Sangga. Jumlah peserta putra 319 orang dan putri 354 orang sehingga total peserta 673 orang. Sedangkan jumlah Pembina Pendamping dari 30 Gudep dan 45 Sangga keseluruhan 36 putra serta 40 putri dengan total 76 orang.

Dalam pembukaan Perkemahan Besar Pramuka Penegak dan Pandega turut hadir Kwarda Riau H. Kasiarudin, SH. Selanjutnya yang bertanggung jawab sebagai ketua pelaksana adalah M. Josdi Juliansyah. Adapun kegiatan Prestasi dalam kemah tersebut yaitu PBB Dasar, Pentas Seni, Permainan Rakyat, Masakan Daerah, Video Pendek, Sangga Tergiat, TTG, LCT, NUK, Pimsang Terbaik, Tapak Perkemahan. ***

(Ikhwan Nur Rahman)