Jakarta, Aktual.com – Wakil Indonesia Anthony Sinisuka Ginting kembali terlibat duel melawan tunggal putra nomor satu dunia Viktor Axelsen pada babak perempat final Kejuaraan Dunia BWF 2022 di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, Jumat (26/8).

Itu akan menjadi pertemuan keempat kedua pemain sepanjang tahun ini, dan Anthony tercatat belum pernah menang dalam seluruh pertemuan tersebut.

Dia bahkan selalu kalah setidaknya dalam tujuh perjumpaan terakhir melawan wakil Denmark tersebut selama periode 2021-2022. Wakil Indonesia itu terakhir kali menang atas Axelsen pada semifinal Indonesia Masters 2020.

Dalam dua tahun terakhir, Axelsen kerap menjadi sandungan bagi pebulu tangkis tunggal putra elite dunia, termasuk Anthony. Dia tercatat telah beberapa kali menghentikan langkah Anthony pada babak perempat final turnamen super series BWF.

Axelsen sejauh ini telah mengantongi rekor menang-kalah 9-4 atas pebulu tangkis peringkat enam dunia itu, termasuk kemenangannya pada perempat final All England 2022, perempat final Indonesia Open 2022, dan terakhir di babak 8 besar Malaysian Open 2022.

Anthony dalam beberapa kesempatan selalu mengatakan bahwa Axelsen menjadi tunggal putra yang dominan dalam dua tahun terakhir terlebih dia cukup diuntungkan dengan postur tubuhnya yang tinggi menjulang.

Meski berulang kali kalah, unggulan keenam itu mengaku tidak takut jika harus kembali berhadapan dengan Axelsen. Ia pun menekankan bahwa kekuatan mental menjadi kunci agar bisa mendulang kemenangan.

“Dia punya postur tubuh tinggi, jadi harus bawa strategi yang pas saat lawan dia. Dia bisa dominan seperti sekarang karena tahu dengan kelebihan dan kekurangannya, makanya sekarang bisa berbeda sekali dibandingkan dulu. Kalau lawan dia saya harus siapkan mental dan siap capek,” katanya.

Axelsen telah mengantongi lima gelar juara sepanjang tahun ini, termasuk All England, Kejuaraan Eropa, dan Indonesia Open 2022. Sementara itu, Anthony baru menang sekali di Singapore Open 2022 ketika Axelsen memilih absen karena ingin memulihkan diri.

Selain Anthony Ginting, pertandingan hari ini juga bakal menyajikan pertarungan dua partai ganda putra dan satu tunggal putra.

Unggulan kelima Fajar/Rian akan membuka pertandingan hari ini melawan pasangan Inggris Ben Lane/Sean Vendy di Lapangan 2 mulai pukul 08.00 WIB, diikuti unggulan ketiga Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang akan berjumpa wakil India M.R Arjun/Dhruv Kapila pada partai kedua Lapangan 1.

Sementara itu, Jonatan Christie akan meladeni unggulan keempat Chou Tien Chen. Jojo, sapaan akrab Jonatan, sejauh ini unggul 6-3 dalam pertemuannya dengan wakil Taiwan itu.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)