Aceh, Aktual.com – Polres Aceh Jaya masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran lahan seluas tiga hektare di kawasan Desa Lueng Gayo, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya sejak beberapa hari terakhir.

“Kasus kebakaran lahan ini masih kita lidik (selidiki, red.),” kata Kapolres Aceh Jaya AKBP Harlan Amir yang dihubungi dari Meulaboh, Kamis (9/9).

Dia mengatakan penyelidikan tersebut diperlukan guna memastikan penyebab terjadinya kebakaran lahan di kawasan perbatasan Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Aceh Barat sejak Ahad (5/9).

Ia juga mengakui petugas kepolisian masih mengumpulkan bukti dan saksi terkait dengan kasus ini, dan belum ada pihak yang dilakukan penahanan.

“Anggota masih di lapangan untuk memantau lokasi kebakaran, namun karena kondisi cuaca hujan lebat, kemungkinan besar api sudah padam,” kata dia.

Lahan gambut seluas tiga hektare di perbatasan Aceh Jaya-Aceh Barat, di Desa Lueng Gayo, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya terbakar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh Jaya Fajri mengatakan dugaan sementara penyebab terbakarnya lahan di kawasan perbatasan kabupaten tersebut masih dalam penyelidikan aparat kepolisian setempat.

BPBD Aceh Jaya mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat melakukan pembersihan lahan, khususnya di musim kemarau.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan sembarangan apalagi di musim kemarau seperti ini, karena sangat rawan terjadinya kebakaran lahan,” kata dia.

(Wisnu)