Jakarta, Aktual.co — Menteri BUMN Rini Soemarno dikabarkan telah melakukan tahapan uji fit and proper  terhadap para calon Direktur Utama Pertamina dalam beberapa hari terakhir dan masih berlangsung hingga jelang akhir pekan ini.
Untuk melakukan fit and proper test, Rini juga dikabarkan telah menunjuk PT. Daya Dimensi Indonesia (DDI), perusahaan manajemen konsultan berlokasi di Mega Kuningan untuk memberikan penilaian calon direksi Pertamina.
Rini Soemarno yang akan menunjuk langsung direksi dan komisaris usaha negara dinilai anggota DPR telah melampaui kewenangannya sebagai pembantu presiden.
Anggota Fraksi Demokrat, Ruhut Sitompul, di komplek DPR RI, Jakarta, Jumat (7/11) mengatakan setiap calon direksi atau komisaris harus melewati yang namanya uji kelayakan publik.
“Melangkahi (kewenangannya) dan tidak ada (tunjuk langsung). UKP4 tetap ada, tapi dibawah kepala staf kepresidenan. Sema harus di fit and proper test, sehingga tidak mungkinlah ada seperti itu” ucap dia.
Ia mengatakan, jika calon direksi dan komisaaris itu harus melalui seleksi yang melibatkan KPK. Karena, tradisi itu yang dibangun oleh Presiden Jokowi sendiri.
“Kalau pak Jokowi, semua melibatkan KPK,” imbuh dia.
“Oleh karena itu, jangagn under estimate dulu kepada pak Jokowi. Sekalipun dia dari Solo, tetapi beliau sangat tegas,” tandasnya.

(Novrizal Sikumbang)

()