Jakarta, Aktual.co — Anggota Komisi IV DPR RI, Sulaeman L Hamzah, mengatakan Persipura Jayapura yang gagal bertanding di babak 16 besar AFC Cup 2015 menjamu Pahang FA, sebagai suatu musibah.

“Ini musibah, semua menyesali itu,” kata Sulaeman L Hamzah saat berada di Kota Jayapura, Papua, Kamis (4/6).

Sebelumnya Boaz Salossa dkk, dijadwalkan menjamu klub asal Malaysia, Pahang FA di Stadion Mandala Jayapura, Papua, pada akhir bulan lalu. Namun, empat pemain asing Pahang FA, tak mendapatkan rekomendasi visa, sehingga empat pemain itu, tak diizinkan masuk ke Indonesia meski sudah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Meski sudah berusaha menunggu selama satu malam, kepastian dari pihak Indonesia apakah Pahang FA bisa meneruskan perjalanan ke Jayapura atau tidak, ternyata memang tidak ada kepastian, sehingga skuad Pahang memilih untuk kembali ke negaranya.

Sulaeman masih belum mengetahui secara pasti gagalnya klub berjuluk Mutiara Hitam itu menjamu tamunya, disebabkan oleh siapa.

“Apakah lawan kita itu murni ada masalah sehingga pulang, atau ada kah soal lain, itu masih jadi pertanyaan,” katanya.

Dampak dari hal itu, sekitar seribu warga Kota Jayapura dan Persipuramania menggelar aksi demo di Taman Imbi dan meminta Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) membawa aspirasi mereka ke Pemerintah Pusat dengan harapan laga tersebut bisa digelar ulang.

Persipuramania dan perwakilan warga Kota Jayapura bersama sejumlah anggota DPRP akhirnya ke Jakarta bertemu dan bertatap muka dengan DPR RI menceritakan permasalahan yang dihadapi oleh tim kebangaan mereka.

Upaya Persipuramania dan perwakilan warga Kota Jayapura serta sejumlah anggota DPRP untuk menemui Menpora Imam Nahrawi di kantornya pun gagal, hanya bertemu dengan sejumlah deputinya.

Belum usai permintaan Persipuramania dan wakil warga Kota Jayapura untuk minta penjadwalan ulang laga 16 besar AFC Cup 2015, akhirnya pada 30 Mei 2015, FIFA menjatuhkan sanksi buat PSSI, diantaranya melarang klub-klub profesional dan timnas berlaga diajang internasional.

“Ini adalah musibah buat Persipura,” tutupnya.

()

()