Banda Aceh, Aktual.com — Aus Relief, lembaga sosial asal Australia dan Pakistan Falah e Insaniyat Fondation asal Pakistan membantu pengungsi rohingnya di Aceh. Bantuan itu berupa paket Ramadan dan paket Lebaran untuk 2.000 an imigran asal Myanmar dan Bangladesh tersebut.

“Kami menghimpun dana dari warga Muslim di Australia, dan menyalurkannya untuk teman-teman muslim rohingnya di Aceh sebanyak 1159 paket. Per paket berisi beras 1 sak, minyak goreng, gula dan sirup satu paket,” terang Koordinator Aus Relief Indonesia, Fuad Bahrum, kepada Aktual.com, pada Minggu (12/7).

Selain itu, Aus Relief juga memberikan bantuan untuk kaum Duafa di Lhokseumawe dan Aceh Utara. Fuad menyebutkan, bahwa lembaganya telah menyampaikan bagaimana hasil kunjungan mereka setelah menemui imigran rohingnya di Aceh. Namun, lanjut Fuad, lembaganya belum menerima respon apa pun dari Pemerintah Australia.

“Kami belum mendapat respon apakah Pemerintah Australia akan membantu imigran ini atau tidak,” katanya lagi.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sri Edi Kuncoro, menyebutkan pihaknya bersama Pakistan Falah e Insaniyat Fondation segera menyalurkan paket lebaran untuk ribuan warga rohingnya di Aceh.

“Ada sekitar 2.000 paket lebaran yang diberikan untuk warga rohingnya di Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang dan Lhokseumawe. Warga sekitar lokasi penampungan juga diberikan bantuan tersebut,” urainya.

Dia mengimbau, kepada seluruh masyarakat terus membantu warga rohingnya yang diizinkan tinggal selama setahun di Indonesia.

“Mari membantu mereka,” tegas Edi menutup pembicaraan.

()