Direktur Eksekutif Lemkapi (Lembaga Strategis Kajian Kepolisian) Edi Hasibuan

Jakarta, Aktual.com – Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan mendukung langkah Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo mencopot Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Pol Ferdy Sambo atas kasus penembakan antar sesama anggota polisi.

“Tindakan tegas Kapolri ini tentu akan banyak diapresiasi publik. Kami yakin sepenuhnya. Kapolri tidak akan pernah melindungi siapapun yang tekait dalam kasus penembakan ini. Ini dilakukan untuk menjaga marwah Polri agar tetap mendapatkan terus dari publik” ujar Edi dalam keterangan tertulis yang diterima Aktual.com, Senin (18/7) kemarin.

Meski demikian, Edi sempat mengatakan Ferdi Sambo sebaiknya mengundurkan diri guna menjaga marwah kepolisian.

“Demi menjaga marwah kepolisian. Demi kecintaan kita terhadap Polri. Saya berharap sahabat saya Ferdi Sambo sebaiknya mengundurkan diri ” katanya.

Anggota Kompolnas periode 2012 2016 ini juga berharap bahwa Polri tidak boleh berlama-lama dalam menyelesaikan kasus penembakan tersebut.

“Polri tidak boleh berlama lama larut dalam kasus penembakan yang menyangkut perkara pribadi anggota polri tapi berdampak besar terhadap institusi Polri” ungkap Edi.

“Situasi seperti ini tidak baik untuk Polri, marwah kepolisian harus tetap kita jaga. Citra baik polri yang sudah dibangun kapolri Listio Sigit harus kita pertahankan,” sambungnya.

Pakar Hukum Kepolisian Universitas Bhayangkara ini mendukung Polri bertindak tegas kepada siapapun yang bersalah dalam kasus ini.

“Kami mendukung sepenuhnya Kapolri untuk l menindak siapapun yg bersalah,” pungkas Edi.

(Arie Saputra)