Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. ANTARA/HO - Jasa Marga

Jakarta, Aktual.com – Arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek, khususnya di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat terpantau cukup ramai di hari libur Natal.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, di Karawang, Minggu mengatakan kalau sepanjang hari ini, sejak pagi hingga malam ini, arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Cikampek atau sebaliknya cukup ramai.

Kendaraan yang melintas didominasi kendaraan pribadi, karena kendaraan besar jenis truk tidak diizinkan melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek selama musim libur Natal dan Tahun Baru.

“Jika masih ada kendaraan truk yang melintas, petugas langsung mengarahkan atau mengalihkan untuk keluar gerbang tol terdekat, untuk melanjutkan perjalanannya melintasi jalan arteri,” kata Kapolres, Ahad (25/12).

Sementara itu, kepadatan arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek hanya terjadi pada pagi hari.

Namun, itu bisa langsung diatasi dengan melakukan rekayasa lalu lintas melalui contraflow.

“Kepadatan saat itu terjadi akibat ada kecelakaan kecil di Km 62. Namun pada siang hari, arus kembali lancar hingga malam ini,” kata Kapolres.

Sepanjang Minggu ini, sesuai dengan catatan Jasa Marga, kendaraan yang melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek mencapai sekitar 4.000 kendaraan per jam.

Ia menyampaikan, pada pengamanan musim mudik libur Natal dan Tahun Baru kali ini Polres Karawang telah mendirikan pos pengamanan terpadu di Km 57 arah Cikampek dan di Km 62 arah Jakarta.

Selain itu, pos pengamanan juga didirikan di sejumlah titik jalan arteri dan jalur Pantura Karawang, mulai dari perbatasan Bekasi hingga titik perbatasan Subang.

Dari pantauan di lapangan pada Minggu malam, arus lalu lintas di jalan arteri Karawang ramai lancar, baik dari arah Jakarta menuju Jawa maupun sebaliknya.

Hingga kini, pihak kepolisian masih terus berjaga di sejumlah titik pos pengamanan, baik di rest area jalan Tol Jakarta-Cikampek maupun di jalan arteri Karawang.

(Andy Abdul Hamid)