Jakarta, Aktual.com — Bagi Anda seorang wanita, perawatan kecantikan itu penting. Seperti pilihan gaya hidup, berpakaian, kecantikan, dan juga ber-make up. Tentunya semua hal itu dapat menyoroti gaya kehidupan perempuan.

Make up yakni dengan cara memoleskan wajah Anda agar tampak lebih cantik dan terlihat ‘fresh’. Namun demikian, Ada juga efek samping dari pemakaian kosmetik yang dapat membuat kulit Anda semakin terlihat tua.

Dr Meghna Gupta, Dermatologist Kosmetika dan Direktur dari Delhi Skin Centre berbagi lima hal kesalahan dalam penggunaan alat kecantikan (make up) yang membuat kulit wanita justru semakin menua, demikian lapor laman Indiatimes.

Pertama, kurang ‘sunblock’
Salah satu hal dasar dalam mencegah kerusakan kulit yaitu, dengan menggunakan ‘sunblock’. Ini akan membantu Anda mencegah kulit terbakar, freckling dan hiperpigmentasi.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih serta menggunakan ‘sunblock’. Jangan memilih dari botol tabir surya tanpa memeriksa jumlah SPF, serta tidak mengoleskan tabir surya setelah setiap dua jam dan tidak menerapkan kembali di tempat yang sama. Semua ini dapat menyebabkan kulit Anda pucat, kusam dan gelap.

Kedua, kurang pelembab
Kulit Anda kering dan bersisik?. Jangan khawatir, itu karena Anda tidak menggunakan pelembab secara teratur. Pelembab membantu Anda menjaga kulit agar terhidrasi dengan menjaga kadar air di dalam kulit.

Ketiga, asupan gizi yang tidak benar
Jika ingin kulit Anda tetap sehat, jangan makan makanan berminyak. Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, hal ini juga membawa Anda ke titik dimana usia kulit Anda tampak buruk.

Kita sering melupakan fakta bahwa kecantikan datang dari dalam. Nutrisi dan refleksi pada kulit tidak bisa diabaikan. Jadi, antioksidan seperti karotenoid, tocophenols, flavonoid, vitamin (A, C, D dan E), Omega-3, asam lemak, protein dan lactobacilli yang disebut sebagai agen yang mampu mempromosikan kesehatan kulit sekaligus kecantikan bisa masuk ke tubuh hanya melalui nutrisi yang tepat.

Keempat, terlalu banyak ‘bleaching’
Terlalu banyak ‘bleaching’ ternyata berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Konsentrasi tinggi dari bahan ‘bleaching’ dapat menyebabkan kerugian permanen warna kulit, dan juga bisa berkontribusi terhadap penuaan dini terhadap kulit manusia.

Kelima, tidak membersihkan make up
Jangan langsung tidur tanpa membersihkan wajah Anda. Melewatkan pembersih di malam hari dapat menyebabkan hasil yang buruk di kemudian hari. Pada siang hari, kotoran dan polusi menempel pada kulit dan menyerang pori-pori Anda.

Sehingga bila Anda tidak membersihkan wajah Anda, Anda mungkin memiliki masalah kulit di waktu yang akan datang. Hal ini juga akan membuat kulit Anda pucat dan membuat terlihat lebih tua.

()

()