Jakarta, aktual.com – Lionel Messi memecahkan rekor kontribusi seribu gol untuk klub sepanjang karir sepak bola profesionalnya bersama Barcelona dan Paris Saint-Germany (PSG).

Dilansir dari ESPN, catatan rekor itu dibukukan La Pulga melalui kontribusi 702 gol dan 298 assits untuk dua klub yang dibela Messi sepanjang karir profesionalnya.

Bersama Barcelona, pemain berusia 35 tahun itu berkontribusi atas 672 gol dan 265 assits. Sementara bersama PSG ia membukukan 30 gol dan 33 assits.

Kapten tim nasional Argentina itu memecahkan rekor saat membawa PSG mengalahkan OGC Nice 2-0 dalam lanjutan Ligue 1, Minggu WIB.

Messi memecahkan kebuntuan pada menit ke-26 memanfaatkan umpan dari bek PSG Nuno Mendes.

Lalu pada babak kedua asuhan Christophe Galtier menambah keunggulan melalui sundulan Sergio Ramos yang berawal dari umpan pojok Messi menit ke-76.

Pemain peraih tujuh gelar Ballon D’or itu menunjukkan performa apik setelah dijadikan kambing hitam oleh suporter PSG atas kekalahan menghadapi Lyon pekan lalu.

Torehan 702 gol dari Messi juga menyalip jumlah gol untuk klub dari rival abadinya Cristiano Ronaldo yang berada di angka 701 gol.

Angka itu juga menasbihkan Messi kini menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk klub Eropa.

Dengan hasil kemenangan ini memperlebar jarak PSG dengan peringkat kedua Lens menjadi enam poin. PSG saat ini berada di puncak klasemen Ligue 1 dengan perolehan 69 poin dari 30 pertandingan.

(Antara)