Pemandangan Gunung Rinjani di Sembalun, Lombok Timur (Warga Net)

Praya, Lombok Tengah, Aktual.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, HM Juaini Taofik menyatakan, kejuaraan sepeda jalan raya (Road Bike) Sembalun King Of Mountain (KOM) yang merupakan salah satu kegiatan wisata olahraga siap digelar.

“Persiapan untuk kegiatan yang akan berlangsung 19 Desember 2021 itu hampir 100 persen,” kata HM Juani Taofik di Selong, Rabu.

Ia mengatakan, kegiatan itu akan diikuti 100 peserta dari berbagai daerah, seperti Lombok, Sumbawa, Bali, Kalimantan, dan Jawa. Para peserta akan mengayuh sepeda menyusuri jalan sepanjang 24,7 kilometer.

“Rute yang akan dilalui yakni mulai dari Pantai Aik Aren, Sambelia dan berakhir di Rest Area Sembalun,” katanya.

Ia berharap Dinas Pariwisata dapat memanfaatkan kegiatan tersebut untuk menyosialisasikan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lombok Timur mmengingat peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga kesuksesan kegiatan ini akan sangat penting.

“Tidak saja Dinas Pariwisata, OPD lainnya juga diharapkan dapat menyusun rencana kerja dengan matang untuk mempromosikan berbagai potensi Lombok Timur,” katanya.

Ia mengatakan, dalam kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat, sehingga pelayanan vaksinasi terus digencarkan.

“Vaksinasi terus dilakukan untuk mendukung penyelenggara balap sepeda tersebut,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, Pathurrahman mengatakan capaian vaksinasi di Sambelia untuk dosis pertama adalah 72,72 persen dan dosis kedua telah mencapai 41,94 persen.

“Untuk capaian vaksinasi di Sembalun dosis pertama 79,49 persen dan dosis kedua 49,48 persen,” katanya

Capaian vaksinasi ini juga menjadi salah satu prasyarat pelaksanaan Sembalun KOM, sehingga diharapkan semua pihak untuk mendukung kegiatan tersebut.

“Selain vaksinasi, pemda juga memberikan dukungan tenaga medis dan 3 unit ambulans beserta obat-obatan untuk menyuksekan kegiatan tersebut,” katanya.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)