Kapusdatin Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat memberikan keterangan persnya terkait erupsi gunung Agung, Jakarta, Senin (27/11/2017). Dalam jumpa Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut potensi letusan Gunung Agung yang lebih besar segera terjadi. Potensi ini teramati dari peningkatan status Gunung Agung dari Siaga menjadi Awas."Erupsi disertai erupsi eksplosif dengan suara dentuman lemah yang terdengar sampai jarak 12 km dari puncak. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan jalan raya Jakarta menuju Puncak ditutup total akibat longsor dibeberapa titik yang disebabkan hujan deras yang mengguyur kawasan Bogor.

“Hujan deras berkepanjangan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, telah menyebabkan terjadinya longsor pada Senin pagi,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan di Jakarta, Senin (5/2).

Dia mengatakan untuk sementara jalur jalan dari Jakarta menuju Puncak, Bogor ditutup total karena jalan tertimbun longsor. Mulai pukul 09.15 WIB, jalur Puncak ditutup mulai Polingga untuk memudahkan evakuasi dan penanganan longsor.

Jalur dari Jakarta menuju Puncak dialihkan lewat Sukabumi sedangkan dari Cianjur menuju Jakarta dialihkan lewat Jonggol. BNPB mencatat sementara terdapat empat titik longsor di Bogor yaitu di sekitar Attaawun, Widuri, Grand Hill dan Riung Gunung.

Longsor menutup jalan dan sejumlah tiang listrik roboh serta pohon tumbang. Belum ada laporan resmi korban akibat longsor tersebut. Badan Penanggulanvan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor masih melakukan verifikasi terkait adanya informasi korban longsor.

(Andy AbdulHamid)