Jakarta, aktual.com – Massa dari Forum Mahasiswa Papua Anti Korupsi se-Jabodetabek, melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Kamis (13/10/2022). Aksi massa ini terkait dengan dugaan korupsi pengadaan dua pesawat di Pemerintahan Kabupaten Mimika, Papua.

Kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat dan helikopter milik Pemkab Mimika, Papua senilai Rp87,5 miliar telah diproses secara hukum oleh Kejaksaan Negeri Mimika dan juga telah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Papua. Namun hingga saat ini belum ada pihak yang ditetapkan sebagai tersangka.

Dalam dugaan kasus tersebut, pelaksana tugas (Plt) Bupati Mimika Johannes Rettob, diduga terlibat penyelewengan anggaran pengadaan pesawat dan helikopter, dimana anggaran yang dikucurkan lewat APBD Mimika senilai Rp45 miliar, menggelembung menjadi Rp87,5 miliar.

Perwakilan pengunjuk rasa Nailo Jangkup, menilai penanganan kasus dugaan korupsi yang melibatkan Johannes Rettob yang juga mantan Kadis Perhubungan Pemkab Mimika, baik di Kejari Mimika maupun Kejati Papua sangat lamban bahkan terkesan dipetieskan. Sebab itu mereka mendesak Kejakgung mengambil alih perkara untuk segera ditangani.

“Kasus ini sudah lama proses di Kejaksaan di Mimika kemudian naik di Kejati Papua tetapi tidak ada progres maka itu kami dari mahasiswa se-Jabodetabek datang ke Kejagung untuk meminta segera menindaklanjuti kasus yang sedang ditangani kejati Papua. Untuk itu kami datang menuntut untuk segera diproses,” ujar Nailo Jangkup di depan Gedung Kejagung, Jaksel.

(Zaenal Arifin)