Virus Corona telah menyebar ke 12 negara. (dok. cgtn.com)
Virus Corona telah menyebar ke 12 negara. (dok. cgtn.com)

Jakarta, aktual.com – Malaysia baru saja mengonfirmasi mengenai tiga kasus infeksi virus corona pertama di negara tersebut Melansir dari Reuters, Menteri Kesehatan Dzulkefly Ahmad mengatakan, orang-orang yang terinfeksi adalah seorang perempuan berusia 65 tahun, dan dua cucu mereka yang masing-masing berusia 11 dan 2 tahun. Perempuan itu adalah istri dari pria berusia 66 tahun yang dikonfirmasi oleh Otoritas Kesehatan Singapura dinyatakan positif terinfeksi virus corona.  Dzulkefly juga mengatakan bahwa ketiganya merupakan warga negara China.  Saat ini ketiganya telah dipindahkan ke Rumah Sakit Sungai Buloh di Selangor untuk mendapatkan perawatan.

Konfirmasi infeksi virus di Australia

Tak hanya Malaysia, namun Australia, negeri di selatan Indonesia ini juga mengumumkan kasus pertamanya. Melansir dari ABC, kasus virus corona pertama yang dikonfirmasi Australia adalah seorang pria yang diisolasi Rumah Sakit Melbourne. Otoritas Kesehatan New South Wales saat ini memiliki tujuh kasus yang sedang diselidiki, dan mempercayai dua diantaranya positif terkena virus corona.  Keduanya merupakan pria yang baru saja kembali dari China. Pria tersebut satu di antaranya berusia 30-an tahun dan yang lain berusia 50-an tahun. Petugas kesehatan juga tengah menghubungi orang-orang yang mungkin berhubungan dengan mereka. NSW Health telah menguji dan menyatakan 12 orang bersih.

Sedangkan pasien di Melbourne yang diisolasi adalah pria China berusia 50-an tahun yang baru-baru ini menghabiskan waktu di Kota Wuhan. Saat ini ia dalam kondisi stabil di Pusat Medis Monash. Menteri Kesehatan Victoria Jenny Mikakos menyerukan agar warga negara Australia tidak khawatir.

12 negara konfirmasi terjangkit virus corona

Dengan konfirmasi kasus virus corona dari Malaysia dan Australia, maka kini total terdapat 12 negara yang mengonfirmasi telah terjangkit virus tersebut. Adapun negara-negara lain yang mengonfirmasi adanya kasus virus corona antara lain: China, Jepang, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam, Nepal dan Perancis. Virus corona menarik perhatian dunia karena mirip penyakit SARS yang pernah menewaskan ratusan orang di Hong Kong dan China pada 2002-2003. Virus corona pertama kali diidentifikasi pada 31 Desember di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Kota Wuhan China yang diduga sebagai pusat asal virus diisolasi usai merebaknya virus ini. Jumlah populasi masyarakat yang mencapai 11 juta dan lokasinya yang terhubung dengan berbagai wilayah lain diperkirakan membuat virus corona menyebar sampai ke kota lain, bahkan luar negeri.

Dikutip dari NBC News, telah terdapat temuan 41 pasien dengan virus corona yang mengalami kematian. Jumlah tersebut naik, dari data sebelumnya di mana dilaporkan setidaknya terdapat 26 orang meninggal dari 830 kasus yang dikonfirmasi ada di negara itu. (kmpc)

(Eko Priyanto)