Jakarta, Aktual.com – Timnas Malaysia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2022 setelah mengalahkan Laos dengan skor 2-0 pada partai final di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (15/7) malam.

Pada pertandingan ini, Malaysia sempat unggul lebih dulu di babak pertama melalui Muhammad Faiz Amer Runnizar dan Muhammad Alif Izwan Yuslan pada babak kedua.

Ini merupakan gelar kedua Malaysia pada gelaran Piala AFF U-19 setelah sebelumnya sempat mereka menangkan pada 2018 lalu yang saat itu digelar di Indonesia juga, sedangkan tempat kedua bagi Laos adalah pencapaian terbaik mereka selama keikutsertaan mereka di turnamen ini.

Pada babak pertama, kedua tim bermain terbuka untuk berusaha unggul lebih dulu, namun pada 10 menit pertama jalannya pertandingan belum ada gol yang tercipta dari Malaysia ataupun Laos.

Skuad Harimau Malaya mampu untuk unggul lebih dulu pada menit ke-13, berawal dari umpan tendangan bebas Muhammad Aliff Izwan Yuslan yang dapat disambut oleh tendangan bek Muhammad Faiz Amer Runnizar sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Malaysia memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan ketika penyerang Adam Farhan menerima umpan terobosan dan melepaskan tendangan keras yang masih menyamping dari gawang Laos.

Laos sempat memberikan ancaman melalui tendangan bek Anantanza Siphongphan setelah menerima umpan dari tendangan bebas, tetapi kiper Malaysia Syahmi Adib masih bisa mengamankan bola. Hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan Malaysia tetap bertahan.

Pada babak kedua, Laos mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu untuk menyamakan kedudukan, salah satunya melalui tendangan dari penyerang Peeter Phantavong yang masih melambung di atas gawang Malaysia.

Faiz Amer hampir menggandakan keunggulan Malaysia ketika menerima umpan silang dari Muhammad Alif Farhan Fauzi, tetapi tendangan dari pemain bertahan tersebut masih melambung dari gawang Laos.

Malaysia berhasil menggandakan keunggulan pada menit 75 melalui sontekan kaki kiri Aliff Izwan setelah menerima umpan silang dari Alif Farhan yang tak mampu dijangkau kiper Laos Phounin Xayyasone sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Di sisa waktu babak kedua, Laos terus berusaha menekan lini pertahanan Malaysia, namun hingga peluit panjang ditiup oleh wasit Kyaw Zwall Lwin asal Myanmar, skor 2-0 untuk keunggulan Malaysia tetap bertahan.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)