Manajer Manchester City Pep Guardiola bersuka cita setelah timnya menjuarai Liga Inggris musim ini seusai mengalahkan Aston Villa di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, 22 Mei 2022. ANTARA/Action Images via Reuters/JASON CAIRNDUFF

Jakarta, Aktual.com – Manchester City menghancurkan Chelsea 4-0 dalam babak ketiga Piala FA, sementara Aston Villa tumbang 1-2 di tangan klub divisi empat Stevenage.

Setelah tim Liga Premier Newcastle, Nottingham Forest dan Bournemouth dipermalukan oleh klub-klub liga lebih rendah sehari sebelumnya, Villa menyusul setelah Stevenage menciptakan dua gol pada menit-menit terakhir.

City membuat awal terkuat setelah menyingkirkan dengan mudah Chelsea di Stadion Etihad.

Pep Guardiola mengganti tujuh pemain City yang menang 1-0 melawan Chelsea dalam laga Liga Premier, Kamis lalu.

Tapi City masih terlalu kuat untuk Chelsea ketika Riyad Mahrez mencetak gol dari tendangan bebas dan penalti, sedangkan dua gol lainnya dibuat Julian Alvarez dan Phil Foden.

Pada babak keempat, City akan menjamu pemuncak klasemen Liga Premier Arsenal.

City menyingkirkan Chelsea dari Piala Liga musim ini. Kini The Blues untuk pertama kalinya tersingkir dari putaran ketiga Piala FA sejak 1998.

Chelsea di bawah asuhan Graham Potter hanya memenangkan tiga dari 12 pertandingan terakhirnya dalam semua kompetisi dan kini menempati urutan ke-10 dalam klasemen Liga Premier atau 10 poin di bawah empat besar.

Mahrez mencetak gol pembuka dari tendangan bebas terukur pada menit ke-23.

Gol kedua City adalah hadiah dari pemain depan Chelsea Kai Havertz yang meninju bola saat berusaha menghentikan bola dari sepak pojok. Alvarez mengonversi penalti ini pada menit ke-30.

Chelsea kian terkoyak ketika Foden mencetak gol ketiga pada menit ke-38 setelah menyelesaikan umpan silang Kyle Walker.

Kesengsaraan Chelsea diperparah pada menit ke-85 ketika Mahrez mencetak gol dari titik putih setelah Kalidou Koulibaly melanggar Foden.

Sementara itu Villa yang melakukan delapan perubahan kala melawan Stevenage, malah tumbang di tangan klub divisi keempat ini.

Morgan Sanson membawa Villa memimpin pada menit ke-33 tetapi Jamie Reid menyamakan kedudukan dari tendangan penalti pada menit ke-88 setelah Leander Dendoncker dikeluarkan dari lapangan karena melanggar Dean Campbell.

Dan Campbell lalu membawa Stevenage memang pada menit ke-90 ketika dia mencetak gol dari tendangan sudut.

Sementara itu Leeds lolos berkat hasil imbang 2-2 yang dramatis melawan Cardiff berkat gol penyama kedudukan yang dibuat pemain remaja Sonny Perkins setelah tim lapis kedua ini memimpin dua gol berkat gol Jaden Philogene-Bidace dan Sheyi Ojo. Satu gol lainnya dicetak Rodrigo.

Sementara itu Stoke City menang 3-0 atas Hartlepool United berkat gol bunuh diri Euan Murray dan Rollin Menayese, ditambah sebuah gol dari Jacob Brown.

Blackburn Rovers juga maju ke babak berikutnya setelah menang 1-0 atas Norwich City berkat gol Jack Vale.

Tim lainnya yang maju ke babak berikutnya adalah Walsall yang mengalahkan Stockport County 2-1. Danny Johnson membawa Walsaal unggul lebih dulu pada menit 63 lalu disamakan Patrick Madden pada menit 88 sebelum penalti Andy Williams pada menit 90+5 membawa Walsall memang.

Derby County juga ke babak keempat setelah menang 3-0 atas Barnsley berkat gol James Collins, Tom Barkhuizen dan Jason Knight.

Sedangkan Bristol City dan Swansea City seri 1-1 setelah keunggulan Swansea dari gol Joël Piroe disamakan Antoine Semenyo, demikian AFP dan ESPN.

(Andy Abdul Hamid)