Sydney, Aktual.com – Mantan perdana menteri Australia Malcolm Turnbull pada Jumat (31/8), mundur dari parlemen, kata sumber, yang mengetahui kabar itu.

Pengunduran diri itu melucuti kedudukan pemerintah dari mayoritas satu-kursinya di parlemen.

Turnbull pada pekan lalu mengatakan akan mundur dari parlemen setelah tersingkir dari jabatannya dalam persaingan di dalam partai, yang akhirnya memunculkan pemimpin keenam Australia dalam satu dasawarsa belakangan.

“Ketua parlemen menerima surat pengunduran diri Malcolm Turnbull pada sore ini,” kata sumber, yang menolak disebutkan jati dirinya, seperti diberitakan Reuters, Jumat.

Hingga pemilihan diadakan, perdana menteri baru Australia, Scott Morrison, tinggal mengandaLkan dukungan dari anggota parlemen independen untuk mengesahkan undang-undang, mengendalikan agenda pemerintah hanya delapan bulan menjelang pemilihan.

Selain tidak lagi menjadi kekuatan mayoritas di parlemen tingkat rendah, pemerintah juga tidak memiliki kendali atas Senat.

Menurut hasil terbaru beberapa jajak pendapat, koalisi berkuasa Liberal-Nasional akan sulit terpilih lagi dalam pemilihan umum, yang akan berlangsung pada Mei 2019.

 

Ant.

()