Rabat, Aktual.com – Pemerintah Maroko pada Minggu (11/2) waktu setempat, menggagalkan upaya internasional untuk menyelundupkan 541 kilogram kokain di pelabuhan Kota Keuangan Casablanca.

Menurut satu pernyataan dari Kementerian Dalam Negeri Maroko, barang haram tersebut disembunyikan di dalam peti kemas dari Amerika Selatan.

“Operasi itu mengarah kepada penangkapan enam orang, termasuk otak jaringan penjabat tersebut,” kata pernyataan itu, sebagaimana dikutip Xinhua, Senin (12/2).

“Lima mobil yang dimaksudkan untuk digunakan mengangkut narkotika tersebut juga disita, selain banyak uang dalam mata uang nasional dan asing,” tambahnya.

Penyelidikan awal mengungkapkan sifat jaringan penjahat berbahaya itu, cabang transnasionalnya dan hubungannya dengan kartel di Amerika Latin, yang sekarang mengeksploitasi lokasi strategis Kerajaan Maroko sebagai tempat persinggahan menuju Eropa, kata sumber yang sama.

Penyelidikan sedang dilakukan untuk membekuk semua orang yang terlibat dalam upaya penyelundupan narkotika tersebut, katanya.

Dinas keamanan Maroko telah menyita sebanyak 2,84 ton kokain pada 2017.

 

Ant.

()