Jakarta, Aktual.com — Meski unggul memimpin klasemen MotoGP 2016, Marc Marquez dengan timnya, yakni Repsol Honda masih merasa ada kekurangan yang dirasakan dengan motor tunggangannya Honda RC213V.

Permasalahan dalam tunggannya itu diungkap Marquez dan bos Repsol Honda Shuhei Nakamoto. Marquez mengatakan, setelan yang tidak pas pada ECU menyebabkan ban motor sering wheelie atau terangkat.

“Yang saya lakukan, yaitu mengerem pada ban belakang saat berada di trek lurus agar bisa menahan ban supaya tidak terangkat,” kata Marquez seperti dikutip Motorsports.com, Selasa (30/8).

Namun demikian, sejauh ini dia dan timnya tak bermasalah dengan ban Michelin. Hanya saja, mereka saat ini bermasalah dengan setelan perangkat elektronik atau ECU.

Atas permasalahannya itu tentu membuat aksi Marquez itu tidak menguntungkan. Meski menang di trek lurus, dia malah harus sedikit menahan laju kuda pacunya itu.

“Tahun lalu kami gunakan perangkat elektronik buatan sendiri, jadi setelan tidak masalah. Namun dengan ECU baru, Anda harus punya data yang pasti. Kadang bisa, kadang tidak bisa. Kebanyakan kami sulit menemukan data yang pas,” ujar pembalap asal Spanyol itu.

(Wisnu)