Jakarta, Aktual.com – Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bekerja sama dengan WartaJazz kembali menggelar kegiatan tahunan Ramadhan Jazz Festival Live untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah.

“Acara tahunan yang kesepuluh ini, nantinya digelar Jumat, 30 April bertema Blessing Through Caring” dengan ‘tagline’ #ADecadeOfLove yang diharapkan dapat menumbuhkan rasa saling peduli dan mengasihi satu sama lain,” kata Project Officer Ramadhan Jazz Festival 2021 Kemal Daffa, di Jakarta, Rabu (28/4).

Ia mengatakan berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini acara diselenggarakan secara hybrid, yakni di Sea World, Ancol, yang hanya dihadiri secara tertutup oleh artis penampil, kru dan undangan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kali ini diselenggarakan pada Jumat dan Sabtu, 30 April-1 Mei 2021. Acara dapat dinikmati dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube kami, Ramadhan Jazz,” kata Kemal.

Kemal menjelaskan untuk dapat menghadiri Ramadhan Jazz Festival, pengunjung hanya perlu melakukan donasi yang seluruhnya akan disalurkan untuk kegiatan sosial Ramadhan Jazz Festival 2021.

Kegiatan sosial kali ini bekerja sama dengan platform Kitabisa.com dengan tema “Bantu Upaya Muara Gembong Melawan Bencana Abrasi” yaitu dengan cara berdonasi untuk membangun desa tertinggal di daerah Muara Gembong, Jawa Barat.

Donasi juga dilakukan dengan penanaman 10.000 bibit mangrove agar tidak terjadi abrasi berkelanjutan, serta memberi bantuan sejumlah unit alat tangkap.

Artistic Director dan penggagas Ramadhan Jazz Festival, Agus Setiawan, mengatakan acara musik ini diharapkan menjadi sarana dakwah kekinian yang akan terus relevan di kalangan muda.

“Kekuatan Ramadhan Jazz Festival adalah pada pesan dakwah yang disampaikan dalam gaya dan cara yang tak biasa,” kata dia.

Ada pun tema yang diangkat pada Ramadhan Jazz Festival tahun ini yaitu Blessing Through Caring, yang didasari oleh keyakinan bahwa pondasi utama cinta adalah dengan Peduli. Artinya, jika kita ingin mencintai dan dicintai, baiknya diawali dengan kepedulian.

Oleh karena itu, pada Ramadhan Jazz Festival ke-10 ini, penyelenggara mengajak masyarakat terutama pemuda-pemudi untuk saling peduli.

Dengan kepedulian yang diberikan terhadap sesama makhluk hidup, diharapkan mendapat balasan oleh Allah SWT dengan keberkahan-Nya.

Ramadhan Jazz Festival 2021 diharapkan dapat menjadi ajang para pemuda untuk menumbuhkan rasa kepedulian yang tidak terbatas terhadap sesama manusia dengan segala perbedaan yang ada, sehingga niscaya akan mendapatkan berkah dari Allah SWT.(Antara)

(Warto'i)