Sejumlah anak berkebutuhan khusus melukis di papan saat memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (21/5). Kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat lebih peduli terhadap penyandang autisme atau anak-anak berkebutuhan khusus. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/ama/16

Jakarta, Aktual.com – Melukis dianggap sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan daya ingat dan pengamatan anak termasuk kepedulian mereka terhadap lingkungan.

Komikus sekaligus Pencipta KOSTUM (Komik Strip untuk Umum) Haryadhi, mengatakan melukis merupakan cara yang efektif untuk membuat anak semakin berdaya ingat baik, berpengamatan baik, dan peduli pada lingkungan sekitar.

“Ketika anak-anak ini melukis, baik dari pengamatan atau ingatan, mereka diajak untuk berhubungan dengan apa yang dilihat dan dirasakan,” katanya dalam siaran persnya di Jakarta, ditulis Selasa (27/2).

Menurut dia, lukisan memiliki fungsi dasar yang penting yang bukan untuk sekadar menggambarkan dunia tetapi untuk menenun dunia.

“Lebih tepatnya, untuk membuat dan memperlihatkan tenunan yang sebenarnya sudah ada. Lewat lukisan anak-anak ini, mereka diajak untuk menciptakan dunia yang lebih baik yaitu dunia yang hijau dan bersih,” katanya.

 

Ant.

()