Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memberikan sambutan saat acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang penegakan hukum, pengawasan, dan pengamanan di bidang perdagangan di Jakarta. Senin (8/1/2018). MoU ini merupakan perpanjangan dari perjanjian sebelumnya yang ditandatangani pada 4 Januari 2013 dan telah berakhir pada 4 Januari 2018. Dengan demikian maka untuk terus bisa melindungi konsumen dalam kegiatan perdagangan, MoU tersebut diperpanjang. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menilai bahwa peranan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero dalam menyalurkan kredit usaha untuk masyarakat kecil bisa menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia.

“PNM merupakan ujung tombak untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan tingkat kemiskinan,” katanya, Senin (12/2).

PT PNM memberikan jasa pembiayaan dan managemen khusus untuk usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi (UMKMK) sejak 1999. Hingga saat ini, pembiayaan telah disalurkan kepada kurang lebih sebanyak satu juta kepala keluarga dan 1.500 lembaga keuangan mikro dalam negeri.

Enggartiasto mengatakan, dirinya menginginkan komitmen PT PNM tersebut bisa terus ditingkatkan, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil di Indonesia. Pemerintah harus hadir dan berpihak kepada masyarakat khususnya yang berpenghasilan rendah.

“Saya inging komitmen PNM itu terus ada dan ditingkatkan. Kredit macet dari binaan PNM tercatat rendah,” kata Enggartiasto.

(Andy AbdulHamid)