Jakarta, Aktual.co — Ekspor Indonesia dinilai oleh beberapa pihak masih sangat lemah. Tercatat dalam data Badan Pusat Statistik (BPS) nilai ekspor 2014 sebesar USD132 miliar atau mengalami penurunan sekitar 93 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Menanggapi hal tersebut, Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel tetap optimis bahwa ekspor Indonesia akan terus meningkat nantinya.

“Kita tidak bisa melihat hanya dalam waktu dekat. Justru kita melihat dengan hasil-hasil yang ada selama lima tahun ke depan,” ujar Rachmat di Kementerian Perdagangan Jakarta, Selasa (4/11).

Lebih lanjut Rachmat mengatakan ada beberapa alasan yang membuat dirinya tetap yakin ekspor Indonesia akan naik, salah satunya yaitu pembangunan berbagai infrastruktur di berbagai wilayah.

“Kan nanti Pak Jokowi mau bangun pembangkit listrik 35.000 Mega Watt, kemudian sektor pertanian juga akan dibangun sarana irigasi. Kalau itu dibangun sekarang sampai tiga tahun mendatang dan bisa mengisi industri, maka akan mengundang investor-investor,” pungkasnya.

()

(Eka)