Dalam sehari beliau senantiasa mengkhotamkan alqur an , bahkan dua kali lipat jumlah bacaanya jika masuk dalam bulan romadhon.

Generasi emas sebelumya yang tercatat sebegai pembaca qur an yang fantastis dalam jumlah bacaanya adalah Tamim ad Dary, Sa’ad bin Jubair, Mujahid dan banyak lagi yang lainya.

Dalam kitab Attibyan fi adabi hamalatil qur’an karya imam Nawawi Ra. beliau juga menceritakan bahwa Salim bin Itr seorang hakim mesir zaman pemerintahan Muawiyyah bin Abu shofyan Ra. beliau menghatamkan alqur an tiga kali setiap hari.

Juga Abu bakar bin Abu dawud. Umar al Kkindi menyebut dalam kitabnya Qudhatu misra bahwa dia menghatamkan alqur an sebanyak empat kali dalam satu malam.

Dan lebih fenomenal lagi adalah mereka meraka yang sanggup mengkhatamkan alqur an dalam satu rakaaat dalam sholat mereka saat melakukan sholat didalam ka’bah, seperti kholifah Utsman bin affan RA. Tamim ad Dary dan Sa’ad bin Jubair.

Mungkin hal tersebut sangatlah sulit jika difikir secara logika dan perhitungan fisika dan mtematika. akan tetapi kemu’jizatan alqur’an bisa membawa seseorang melewati batasan dimensi waktu, hal tersebut tak mustahil jika Allah Ta’ala berkehendak.

(Abdul Hamid)