Jakarta, Aktual.com – Kabupaten Tambrauw di Papua Barat menerapkan strategi untuk menjadi destinasi wisata unggulan dengan mempertimbangkan besarnya potensi pariwisata yang dimiliki daerah itu.

“Tambrauw merupakan destinasi press tour pertama kami pada 2019. Alasan kami langsung memilih Tambrauw sebagai destinasi pertama karena saya kagum dengan komitmen bupatinya untuk memajukan pariwisata Tambrauw,” ujar Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakti, Jumat (8/3).

Ia mengatakan sebagian besar pendukung kemajuan sektor pariwisata karena komitmen CEO-nya. “Bisa dibilang 50 persen kemajuan pariwisata di daerah dikarenakan komitmen dari CEO-nya.

Saya dibuat kagum karena sepanjang 680 km jalan yang dibangun di Kabupaten Tambrauw untuk membuka aksesibiltas merupakan dana APBD,” ujarnya.

Merespon hal itu, Bupati Tambrauw Gabriel Asem mengatakan demi mempercepat pertumbuhan pariwisata Tambrauw, pembangunan infrastruktur memang menjadi prioritas.

“Yang kami lakukan adalah membangun infrastruktur dulu seperti jalan dan jembatan sebagai akses menuju destinasi. Saat ini bandara di Sausapor sudah siap dengan jalan akses menuju bandara selebar 50 meter. Ke depannya, kami akan aspal jalan menuju bandara, lalu menuju kabupaten pusat pemerintahan yang baru di Fef,” katanya.

(Abdul Hamid)