Jakarta, aktual.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menjelaskan bahwa Politeknik El-Bajo Commodus dapat tumbuh mengiringi berkembangnya kawasan industri hijau dan wisata di kawasan Indonesia Timur.

Hal tersebut ia utarakan saat memberikan Kuliah Umum didepan ratusan mahasiswa Politeknik El-Bajo Commodus pada Kamis (7/12/2023).

Menko Muhadjir menyebut bahwa program studi yang ada di Politeknik El-Bajo Commodus sudah relevan dengan prospek masa depan Kabupaten Manggarai Barat sebagai Kawasan Ekonomi Khusus.

“Mulai dari jurusan pariwisata hingga perhotelan dimana merupakan program studi yang sangat dibutuhkan untuk masa depan pertumbuhan NTT khususnya di wilayah Manggarai Barat ini,” jelasnya.

Menko Muhadjir juga berpesan kepada perguruan tinggi supaya perkembangan dari Manggarai barat tidak boleh lepas dari masyarakat artinya masyarakat juga harus berkembang sejahtera bersama.

“Sebagian besar sumber daya manusia yang nanti akan menjadi tulang punggung keberadaan kawasan ekonomi khusus harus didominasi oleh putra asli Manggarai Barat,” jelasnya.

Ia juga meminta para putra daerah tidak hanya menjadi skill worker saja tetapi harus menjadi employer yang memiliki jabatan strategis dalam memajukan Kabupaten Manggarai Barat ini.

“jadi dia juga harus menjadi manager maupun pemangku kepentingan lainnya di beberapa industri wisata khususnya yang akan tumbuh disini,” ucapnya.

Pada acara tersebut turut hadir pula Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kab Manggarai Barat Yohanes Hani, Direktur Politeknik El Bajo Commodus I Nengah Dasi Astawa beserta jajaran.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Eka
Editor: Rizky Zulkarnain

Tinggalkan Balasan