Menteri Sosial Idrus Marham mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/1). Rapat perdana antara DPR dengan Mensos yang baru dilantik itu membahas realisasi anggaran 2017 serta penanganan krisis kesehatan di Asmat. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan bahwa selama ini ada suatu kesalahan dalam memahami sejarah bangsa dan memaknai semangat patriotik para pahlawan yang berjuang untuk mencapai kemerdekaan bangsa.

Akibat adanya kesalahan tersebut maka memunculkan masyarakat yang kurang produktif baik dari segi perilaku maupun pemikiran.

“Selama ini kita memandang sejarah seolah membaca buku catatan masa lalu saja,” katanya kepada wartawan, Rabu (14/2).

“Kita melihat pahlawan hanya melalui foto yang terpampang saja tanpa berusaha memaknai lebih dalam apa esensi dari perjuangan itu sendiri,” tambahnya.

Dikatakan Idrus bahwa pada masa dahulu, diskusi atau perdebatan dilakukan secara konseptual dengan menghasilkan keputusan dan pemikiran yang benar-benar bermanfaat untuk bangsa.

Berbeda dengan sekarang, kata Idrus, justru lebih banyak orang yang berpikir pragmatis dan cenderung lebih mengedepankan intrik atau bahkan fitnah.

(Andy Abdul Hamid)