Riyadh, (11/4) Aktual.com – Menteri Energi Arab Saudi pada Jumat (10/4) mengatakan bahwa memastikan pasokan energi yang terjangkau merupakan kunci untuk memfasilitasi pemulihan ekonomi global.

“Selama krisis ini energi yang dapat diandalkan, terjangkau dan mudah diakses sangat penting untuk menggerakkan layanan esensial kami, termasuk pelayanan kesehatan, guna memastikan kami dapat langsung meningkatkan upaya pemulihan, baik dalam skala nasional maupun global,” kata Menteri Energi Abdulaziz bin Salman Al Saud dalam pertemuan yang dihadiri para menteri energi G20.

Pertemuan itu bertujuan membentuk respons terkoordinasi untuk meningkatkan pasar energi di tengah dampak dramatis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Ia juga mendesak seluruh anggota G20 mengambil langkah tepat untuk menstabilkan kondisi pasar berdasarkan prinsip keadilan, kesetaraan, keterbukaan serta inklusivitas.

Pernyataan menteri G20 akan dirilis nanti, tambahnya.

Pertemuan G20 berlangsung setelah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC) dan sekutunya yang dipimpin Rusia, atau yang dikenal OPEC+, pada Kamis bertemu dan menyepakati perjanjian pasokan minyak untuk memangkas 10 juta barel per hari, yang masih menunggu persetujuan Meksiko.

Sumber: Xinhua

 

Antara

(As'ad Syamsul Abidin)