Sejumlah warga menaiki bus Transjakarta Tanah Abang Explorer di depan Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Jumat (22/12). Pemprov DKI menyiapkan bus TransJakarta Tanah Abang Explorer akibat rekayasa lalu lintas atas penataan Tanah Abang, bus tersebut beroperasi mengelilingi Kawasan Tanah Abang dengan berhenti di Halte Stasiun Tanah Abang, Halte Blok G, Halte Blok B, Halte Auri, Halte Blok E dan Halte Flyover Jatibaru. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana menambah rute wisata bus Transjakarta selama penyelenggaraan Asian Games 2018.

“Selama berlangsung Asian Games, kami akan menambah rute wisata dengan menggunakan Bus Transjakarta,” kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono di Jakarta, Sabtu (17/2).

Menurut dia, penambahan rute wisata itu bertujuan untuk memfasilitasi para atlet, pelatih, tim ofisial sekaligus wisatawan yang datang ke ibukota selama pelaksanaan Asian Games 2018.

“Penambahan rute-rute wisata ini hanya kami lakukan selama berlangsungnya Asian Games saja, tepatnya pada Agustus 2018,” ujar Budi.

Dia menuturkan penambahan sejumlah rute bus untuk wisata itu juga dilakukan untuk memperkenalkan Kota Jakarta kepada khalayak, terutama di tingkat internasional.

“Kami ingin memperlihatkan sekaligus memperkenalkan Kota Jakarta ke kancah internasional. Salah satu caranya, yaitu melalui penambahan rute wisata dengan menggunakan bus Transjakarta,” tutur Budi.

Dia mengungkapkan penambahan tersebut dilakukan pada sejumlah koridor dengan tujuan tempat-tempat wisata, diantaranya Taman Margasatwa Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol, Setu Babakan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan lain-lain.

Selain itu, sambung dia, bus-bus yang akan digunakan untuk rute wisata itu nantinya ada dua jenis, yakni bus jenis royal atau semi wisata dengan fasilitas lengkap dan bus berjenis low entry.

“Kami akan memberikan pelayanan terbaik untuk para atlet maupun wisatawan. Kami siapkan bus-bus khusus,” ungkap Budi.

(Eka)