Jakarta, Aktual.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, para calon jamaah haji Indonesia tertunda mulai 2020 lalu keberangkatannya akan menjadi prioritas.

Tapi, itu bakal dilakukan jika penyelenggaraan haji di Indonesia telah kembali dibuka.

“Jadi, ini penundaan haji yang kedua setelah tahun lalu. Artinya, mestinya mereka yang berangkat tahun lalu itu sekarang juga tertunda dan mereka lah yang kan diprioritaskan untuk mudah-mudahan tahun depan sudah diperbolehkan kita mengirim,” ungkap Muhadjir di Kampus F8 Fakultas Kedokteran Universitas Gundarma, Depok, Minggu (6/6).

Menurutnya, penundaan penyelenggaraan ibadah haji ini tidak lepas dari situasi pandemi Covid-19 masih terjadi hingga saat ini.

“Ini sebetulnya kan masalahanya kan terutama karena kita masih berada dalam suasana pandemi. Kemudian, deadline dari pemerintah arab saudi jg belum ada kepastian itu,” kata dia.

“Sehingga, kita itung-itung waktunya sudah tidak mungkin utk membuat perencanaan yg cermat ingat ini menyangkut 220 ribu jamaah. Jadi, tidak main-main,” tutur Muhadjir.(RRI)

(Warto'i)