Beranda Regional Borneo Muhammadiyah Akan Bangun UMSA di Kotawaringin Timur

Muhammadiyah Akan Bangun UMSA di Kotawaringin Timur

Ilustrasi Kotawaringin Timur (centralborneo.net)

Kotawaringin, aktual.com – Muhammadiyah bakal menambah universitas di Kotawaringin Timur melalui merger antara Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sampit dengan Akademi Kebidanan (AKBID) Muhammadiyah Kotawaringin Timur. Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah, Prof. H. Ahmad Syar’i mengatakan pihaknya saat ini sedang menunggu SK dari Kemendikbud-Ristek untuk Universitas Muhammadiyah Sampit (UMSA).

“Lahannya sudah ada. Saat ini Muhammadiyah berkonsentrasi untuk pembangunan Universitas Muhammadiyah Sampit ini dulu. Ke depan tentu ada rencana pengembangan, seperti membangun rumah sakit,” kata Prof Ahmad dalam siaran pers yang dikutip dari situs Muhammadiyah, Minggu (18/12) pagi.

Setelah penggabungan tersebut, UMSA akan memiliki delapan (8) program studi, meliputi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri program studi S1 Bimbingan dan Konseling, S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan S1 Pendidikan Matematika. Selanjutnya Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) terdiri dari program studi D3 Kebidanan dan S1 Gizi, sedangkan Fakultas Teknik dan Pertanian (FTP) terdiri dari program studi S1 Informatika dan S1 Agribisnis. Jumlah tersebut dipastikan akan bertambah sesuai dengan kebutuhan di masa depan.

Sementara itu, pada tahap awal perkuliahan akan digelar di gedung atau kampus yang saat ini digunakan oleh STKIP Muhammadiyah Sampit. Namun demikian, ungkap Prof. Ahmad, ke depan akan ada pembangunan kampus terpadu, dan pengembangan unit lain lantaran lahan yang sudah tersedia.

Senada, Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor menyampaikan harapan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kotim seiring dengan keberadaan UMSA. Dengan meningkatnya sumber daya manusia, pemanfaatan potensi ekonomi di Kotim diharapkan akan bertambah maksimal.

“Kami mendukung keberadaan UMSA. Kami menilai masyarakat dan daerah akan mendapatkan manfaat dari kehadiran UMSA, yakni peningkatan sumber daya manusia,” kata Bupati Halikinnor.

Selain itu, pihaknya juga berharap akan ada akselerasi dalam perbaikan kesehatan di Kotim. Karena melalui UMSA ini, akan muncul sumber daya manusia yang memiliki kecakapan dalam bidang kesehatan. Oleh karena itu, dia pun berharap SK operasional untuk segera terbit pada tahun depan.

“Kami berharap peluncuran UMSA bisa dilaksanakan saat peringatan Hari Ulang Tahun Kotawaringin Timur pada 7 Januari 2023 nanti,” tuturnya.

(Megel Jekson)