Petugas menyiapkan beras hasil zakat fitrah untuk disalurkan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (5/7). Sekitar 20 ton beras hasil zakat fitrah di Masjid Istiqlal dibagikan kepada warga miskin serta disalurkan ke beberapa yayasan, mushola dan masjid di Jakarta untuk dibagikan kepada warga miskin. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A./ama/16

Beijing, Aktual.com – Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) China bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok menghimpun zakat untuk kemudian disalurkan ke Indonesia.

“Total zakat fitrah yang masuk melalui PCIM tahun ini sebesar 3.105 RMB atau setara Rp6.986.250 dengan kurs Rp2.250 per 1 RMB, maka dibulatkan menjadi Rp7 juta,” kata Sekretaris Jenderal PCIM China Arafat Febriandirza, Minggu (17/6).

Untuk selanjutnya zakat yang dihimpun dari para warga negara Indonesia, terutama para pelajar, di China itu disalurkan ke Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu).

Sementara itu, Ketua PCIM China Endy Sjaiful berharap bahwa organisasinya bisa menjadi jembatan yang akan menghubungkan sesama saudara muslim dengan saling membantu dalam kegiatan keagamaan.

Menurut dia, pengumpulan zakat dilakukan secara daring melalui akun Wechat dan Alipay milik Zuhri selaku amil zakat sekaligus Ketua Bidang Jurnalistik PCIM China.

(Andy Abdul Hamid)