Kupang, aktual.com – Kepala Dinas Pendidikan Nusa Tenggara Timur, Benyamin Lola mengatakan pihaknya telah menetapkan delapan SMA Negeri/SMK Negeri berprestasi guna mendorong kepercayaan diri para siswa/siswi pada sekolah negeri itu untuk lebih berprestasi.

“Kami telah menetapkan delapan SMA Negeri/SMK Negeri berprestasi sebagai upaya pemerintah NTT dalam meningkatkan mutu pendidikan,” kata Benyamin Lola kepada ANTARA di Kupang, Rabu (20/11).

Benyamin Lola mengatakan hal itu berkaitan upaya pemerintah NTT dalam meningkatkan kualitas pendidikan daerah ini dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) 2020.

Delapan SMA/SMK berprestasi itu menurut dia tersebar di tiga pulau besar di NTT yaitu di Pulau Timor terdapat empat sekolah yaitu SMA Negeri 1 Kupang, SMA Negeri 3 dan SMK Negeri 1 di Kota Kupang dan SMA Negeri Harekakae Kabupaten Malaka.

Sementara itu sekolah berprestasi di Pulau Sumba yaitu SMA Negeri I Waingapu dan SMK Negeri 1 Waikabubak, sedangkan di Pulau Flores terdapat dua sekolah di antaranya SMK Negeri Wae Ri,i.

Ia mengatakan, penetapan delapan sekolah berprestasi dilakukan pemerintah NTT merujuk pada hasil ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2018/2019 kareba belum ada lembaga pendidikan menengah dari NTT yang berhasil masuk dalam 1000 besar nasional.

“Sekolah-sekolah SMA Negeri/SMK Negeri di NTT belum masuk dalam 1000 besar hasil UN tahun 2019, sehingga dikwatirkan ada rasa kehilangan kepercayaan diri para siswa karena belum bisa menembus 1000 besar nasional itu yang berdanpak prestasi belajar menurun,” kata Benyamin Lola.

Menurut dia dalam mewujudkan target masuk 1000 besar nasional sehingga pemerintah NTT terus bekerja keras dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan menetapkan delapan sekolah berprestasi itu. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)