Makassar, Aktual.com – Pakar perencanaan wilayah kota Universitas Bosowa Prof Dr Batara Surya MSi mengatakan, kota yang baik itu yang tidak memiliki banyak fungsi yang ujung-ujungnya memunculkan beragam masalah.

Prof Batara Surya mengatakan itu ketika memberikan kuliah umum bertema “Merawat Ruang Publik Dengan Lokal Wisdom” di Makassar, ditulis Kamis (15/11).

“Jadi kota yang baik adalah kota yang tidak memiliki banyak fungsi. Karena setiap kota di Indonesia memiliki fungsi yang banyak seperti fungsi perdagangan, pemerintahan, industri, dan lainnya sehingga konsep yang keliru ini menimbulkan masalah yang besar,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk membangun kota yang baik didasarkan dengan konsep berpikir ideal dengan peran serta masyarakat.

Menurut dia, selama masih terjadi yang namanya kolaborasi antara pihak pemilik modal, pemerintah, dan legislatif, maka dinilai tidak akan menghasilkan ruang publik yang manusiawi dan akan kesulitan untuk mengembangkan kota kedepannya.

“Karena semua masalah yang muncul diawali oleh kolaborasi,” tambah Direrktur Pascasarjana Unibos itu saat menjawab salah satu pertanyaan dari mahasiswa.

Ketua panitia kuliah umum Muh Chaerul Irianto mengatakan kegiatan ini diadakan karena menyikapi tentang kearifan lokal yang hampir hilang terkhusus di Kota Makassar.

“Maka dari itu, Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara membuat kegiatan yang menyingkronkan ruang publik dengan lokal wisdom,” jelasnya.

 

Ant.

()