Screenshoot foto Kordinator Forum Keamanan Siber dan Informasi (Formasi) Gildas Deograt Lumy saat hadir di Podcast Deddy Corbuzier Rabu, (14/9)

Jakarta, Aktual.com – Kordinator Forum Keamanan Siber dan Informasi (Formasi) Gildas Deograt Lumy berkesimpulan hacker Bjorka berasal dari Indonesia.

“Saya pribadi juga berkesimpulan yang sama paling tidak orang Indonesia”, ungkapnya saat hadir di Podcast Deddy Corbuzier, Rabu (14/9).

Kalau misalnya ini orang Indonesia kenapa susah sekali pemerintah kita untuk menangkap? Kenapa dia jago banget? Tanya Deddy Corbuzier.

Menurut Lumy, karena saat ini memang fokusnya masih mencari tahu data itu dari mana sumbernya dan kemudian yang mengelola apa.

“Jadinya belum masuk ke tahap Investigasi yang dalam artian mencari pelakunya belum belum sampai”, jelas Lumy.

Tapi bisa tertangkap? Tanya Deddy lagi.

“Bisa-bisa tinggal soal waktu tapi bukan seperti di film-film ya 2 menit ketahuan bukan. Film film kan dikompres proses 3 bulan, sulit bisa dibilang tergantung pelakunya makin dia profesional makin dia bisa ngumpet”, ungkap Lumy.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengungkapkan pemerintah sudah punya Gambaran siapa dan di mananya Bjorka.

“Kita sudah punya alat untuk melacak itu semua,” kata Mahfud MD dalam konferensi pers, Rabu (14/9).

Mahfud mengatakan pihaknya saat ini terus menyelidiki dan sosok Bjorka sendiri saat ini sudah teridentifikasi.

“Kita terus menyelidiki karena sampai sekarang ini memang gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan,” kata Mahfud.

(Dede Eka Nurdiansyah)