Jakarta, Aktual.com — Ginjal merupakan Organ penting yang berfungsi menyeimbangkan kimia yang ada dalam darah dan tetap menjaga sirkulasi darah agar tetap dalam keadaan bersih dengan cara membuang sisa-sisa metabolisme den cairan berlebih dalam tubuh. Jika fungsi ginjal terganggu, maka sisa metabolisme yang ada dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan maka akan menjadi racun bagi tubuh.

Ginjal terletak pada bagian belakang perut atau abdomen. Posisinya berada pada bagian sebelah kanan dan juga kiri tulang belakang. Organ Ginjal, pada manusia memiliki bentuk hampir mirip dengan kacang, dan memiliki sisi cekung yang mengarah kedalam dan memiliki berat kurang lebih 0,45 persen dari keseluruhan berat badan.

Bila kita tidak memperhatikan kesehatan ginjal kita, maka kita akan menderita seurmur hidup kita karena, bila ginjal kita tidak berfungsi dengan baik maka kita harus mencuci ginjal kita di Rumah Sakit secara rutin dengan jangka waktu seumur hidup kita, tentunya itu menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Berikut tips bagaimana cara merawat ginjal agar tetap selalu sehat:

Olahraga
Olahraga merupakan salah satu kebiasaan sehat yang harus runtin dilakukan. Selain itu dengan berolahraga resiko seseorang menderita penyakit ginjal bisa diturunkan. Ini dikarenakan ketika berolahraga dapat mengubah cara tubuh dalam menangani nutrisi dan cairan yang berpengaruh.

Pada saat berolahraga keringat yang keluar dari tubuh lebih banyak dan seseorang akan lebih cenderung minum air putih lebih banyak sehingga dapat mencegah dari terbentuknya batu ginjal.

Kontrol Diet
Anda harus bisa mengontrol diet dengan cara tidak mengkonsumsi makanan yang menggunakan pengawet dan juga makanan kemasan yang mungkin jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan mengakibatkan masalah pada kesehatan Anda, termasuk pada fungsi ginjal.

Menjaga Tekanan Darah
Kerusakan ginjal juga bisa diakibatkan oleh adanya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi dapat mengakibatkan organ jantung bekerja lebih keras dari biasanya dan dalam jangka waktu yang cukup panjang bisa mengakibatkan rusaknya pembuluh darah yang ada pada tubuh.

Jika pembuluh darah yang rusak adalah pembuluh darah pada bagian organ ginjal maka ginjal akan terganggu fungsinya.

Minum Air Putih
Agar Ginjal dapat berfungsi dengan baik, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup setiap harinya. Dengan mengkonsumsi air yang cukup setiap hari maka fungsi ginjal akan lebih terjaga dari terjadinya berbagai penumpukan sisa metabolisme yang bisa mengakibatkan munculnya batu ginjal.

Menjaga Gula Darah
Kadar gula darah juga harus tetap dijaga agar tidak membuat fungsi ginjal bekerja lebih berat. Bila fungsi ginjal terganggu maka ginjal tidak akan menjalankan fungsinya dengan optimal.

Gula darah harus terkontrol karena jika gula darah dalam tubuh terlalu tinggi maka akan berakibat ginjal menyaring terlalu banyak darah sehingga jika terus menerus terjadi, fungsi ginjal akan mengalami penurunan dan terjadi kebocoran pada saringan yang berada pada ginjal tersebut.

Berhenti Merokok
Merokok merupakan hal yang wajib dihindari agar tubuh tetap sehat. Bahkan mer0kok juga dapat menganggu fungsi ginjal. Apabila seseorang mer0kok, maka aliran darah menuju berbagai organ dalam tubuh akan menjadi lambat dan apabila sudah menderita penyakit ginjal maka fungsi ginjal akan semakin buruk.

Jangan Mengkonsumsi Obat-obatan
Ada banyak makanan dan minuman yang bisa menjadi racun bagi ginjal. Oleh karena itu, Anda wajib untuk tetap menjaga apa yang dikonsumsi sehingga fungsi ginjal akan tetap dalam keadaan yang optimal.

Beberapa minuman yang perlu dihindari diantaranya soda, alk0hol dan beberapa produk minuman berenergi yang memiliki kalori tinggi akan mengganggu fungsi ginjal dalam jangka waktu yang panjang.

Tes Medis
Tes Medis perlu dilakukan dengan rutin apabila Anda telah berusia lebih dari 30 tahun. Anda bisa mengkonsultasikan berbagai masalah kesehatan terutama untuk memastikan bahwa ginjal Anda tetap dalam keadaan sehat. Selain itu, riwayat penyakit ginjal pada keluarga juga harus diperhatikan.

()

()