Muara Enim, Aktual.Com – Sebagai wujud nyata keseriusan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) serta Muara Enim Kawasan Lumbung Pangan (Food Estate) Sumsel, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Kurniawan bersama Dandim 0404 Muara Enim Rimba Anwar Panen Jagung Hibrida, Juma’t (18/11) di Desa Kayuara Batu Kecamatan Muara Belida.

Kegiatan yang berada diatas lahan seluas 2 hektar itu, diharapkan agar program tersebut dapat menjaga dan menyetabilkan kebutuhan dan harga komoditas seperti pangan dan kebutuhan bahan pokok lainnya guna menekan angka inflasi yang terjadi akibat lonjakan harga dari berbagai daerah.

Kegiatan ini selaras dengan program Gubernur Sumatera Selatan yang mencanangkan ‘Sumsel Mandiri Pangan’ khususnya pengembangan komoditas jagung seluas 200.000 hektar di Provinsi Sumatera Selatan’ serta mendorong program ‘Muara Enim sebagai Kawasan Food Estate ‘Lumbung Pangan Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati menyampaikan bahwa program ketahanan pangan ini sendiri juga dalam rangkaian untuk menuntaskan kemiskinan yang merupakan salah satu indikator dari pada kasus stunting, pasalnya semakin tinggi kemiskinan maka tingkat kesejahteraan masyarakat semakin rendah dimana untuk memenuhi nilai gizi sehari-hari pun susah.

Pj. Bupati mengapresiasi berbagai terobosan dan program kebijakan dari Kodim 0404 Muara Enim yang di kolaborasikan bersama Pemkab Muara Enim dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan perekonomian.

Melalui berbagai program kerjasama yang diinisiasi tersebut, seperti bedah rumah dan pemanfaatan lahan untuk penanaman jagung, merupakan upaya untuk terus menekan terjadinya inflasi dan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi.
.

“Saya menghimbau kepada seluruh stakeholder maupun BUMN BUMS BUMD lingkup kaupaten Muara Enim untuk ikut berperan aktif dalam mensukseskan program ini tidak hanya sarana dan prasarana saja namun juga untuk menciptakan akses pasar bagi Komoditi Jagung,”tegas Kurniawan.

Tak lupa dirinya mengingatkan kepada unsur Tripika dan lebih khususnya kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang belum produktif untuk ditanami dengan berbagai tanaman palawija guna mendukung program Ketahanan Pangan ini.

Senada dengan Pj. Bupati, Dandim 0404 Rimba Anwar menghimbau masyarakat untuk selalu mendukung kegiatan-kegiatan Pemerintah dalam rangka mensejahterakan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di Bumi Serasan Sekundang

“Semoga dengan panen perdana ini bisa berkembang ke lahan-lahan lain, kalau ada perlu bantuan kodim siap membantu baik itu dari tenaga, alat maupun bibit,” ujar Dandim 0404

Nampak hadir Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab. Muara Enim serta Camat Lembak.

(Apriansyah)