Jakarta, Aktual.com – Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia (APPI) menyatakan dalam rapat virtual Jumat (23/7) ini para pemain Liga 1 ingin kompetisi musim 2021-2022 segera bergulir.

“APPI akan menindaklanjuti hal ini ke pihak-pihak terkait yang berkepentingan dalam situasi pandemi ini,” kata Acting General Manager APPI Mohamad Hardika Ajiz dalam laman APPI di Jakarta, Jumat (23/7).

Para pemain Liga 1 berharap tak lagi ada penundaan dan agar  berjalan lancar pemain meminta kompetisi diawasi ketat oleh pihak-pihak terkait, termasuk Satgas Penanganan COVID-19.

Para pemain juga menyampaikan komitmen mematuhi protokol kesehatan dan mengingatkan bahwa hampir 100 persen pemain Liga 1 sudah menerima dua dosis vaksin COVID-19.

APPI berjanji melanjutkan aspiras para pemain Liga 1 ini.

Mereka akan melakukan kajian bersama pihak-pihak berkepentingan  untuk diteruskan kepada pemerintah, Satgas Penanganan COVID-19, PSSI, operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru dan pejabat berwenang lainnya.

Pada pertemuan berikutnya, APPI akan mengundang para pemain Liga 2 yang situasinya dinilai lebih mengkhawatirkan ketimbang Liga 1.

“Setelah ini kami bertemu pemain-pemain dari Liga 2. Kondisi Liga 2 ini bahkan lebih memprihatinkan situasinya,” kata Wakil Presiden APPI Andritany Ardhiyasa.

Pada akhir Juni 2021, PSSI dan LIB memutuskan Liga 1 dan 2 musim 2021-2022 yang rencananya mulai 9 Juli 2021, ditunda sampai akhir Juli ini sesuai dengan instruksi Satgas Penanganan COVID-19 BNPB.

Keputusan diambil karena kasus COVID-19 meningkat signifikan di Indonesia, terutama di Jawa.

Liga 1 rencananya bergulir mulai pertengahan Agustus 2021, sedangkan Liga 2 mulai September 2021. (Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)