Karawang, Aktual.com – Perusahaan swasta PT Central Niaga Nusa Karawang akan bangun Pasar Induk Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pasar induk yang bakal menyediakan beras, sayur dan buah itu akan berdiri di sekitar Jalan Lingkar By Pass Kecamatan Karawang Barat.

“Anggaran pembangunannya bukan dari APBD Karawang,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Teddy Rusfendi Sutisna, di Karawang, Kamis (9/6).

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat sudah melakukan ekspose. Rencananya, pembangunan dimulai tahun 2017.

General Manajer PT Central Niaga Nusa Karawang La Ode Hasahu mengatakan, konsep pembangunan pasar induk itu adalah modern dengan adanya fasilitas pasar induk primer.

“Pengelolaan pasar itu akan memanfaatkan teknologi informasi,” kata dia.

Jumlah bangunan yang akan didirikan pada pasar induk itu, di antaranya toko beras sebanyak 762 unit, kios 436 unit, kios indoor 647 unit, los 1.814 unit, dan ruko 243 unit.

Selain itu, akan dibangun pula satu unit gudang beras, satu unit gudang agro, kolam retensi satu unit, kantor pengelola satu unit, masjid, klinik, serta function hall.

Klaim dia, sistem pengelolaan pasar ramah kepada petani. Artinya, untuk penyewaan atau pembelian kios menggunakan sistem bagi hasil panen pertanian.

()