Jember, Aktual.com – Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jember melakukan peninjauan langsung terhadap sejumlah gereja di Jember. Hal ini dilakukan untuk memastikan Perayaan Natal berjalan aman

.
Untuk pengamanan, disiapkan 511 personel gabungan yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, Dishub dan tenaga medis.

“Demi memberikan rasa aman dan nyaman dalam beribadah bagi saudara kita ini, kami forkopimda cek kesiapan pengamanan hari ini jelang malam misa,” ujar Bupati Jember Hendy Siswanto, usai meninjau di gereja Santo Yusuf Jember. Sabtu (24/12) sore.

Adapun gereja yang ditinjau yakni gereja GPDI Ekklesia, GKJW dan yang terakhir Santo Yusuf. Tercatat, ada 67 gereja yang menjadi sasaran pengaman tahun ini. “Hal ini berkaitan persiapan misa malam natal karena sebentar lagi setengah 6 akan dilaksanakan, sebab kegiatan misa ini dilakukan beberapa kali, petang ini dan besok,” ungkapnya.
Selain itu, pihaknya juga menghimbau bahwa untuk pelaksanaan ibadah nanti, setiap jemaat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. “Kalau merasa batuk atau flu, tetap datang saja, tetapi dengan menggunakan masker,” bebernya.

Pemkab Jember juga bakal menyediakan sarana vaksinasi di sejumlah titik gereja. “Jadi, kalau ada yang belum lengkap vaksinasinya, bisa segera dilengkapi dan kepada seluruh umat yang merayakan, kami mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru,” tandasnya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)