Gejolak perang di Timur Tengah. (ilustrasi/aktual.com)

New York, Aktual.com – Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah Nikolay Mladenov memperingatkan bahwa ketegangan di Timur Tengah mengakibatkan “perubahan yang kian berbahaya”.

Perang di Suriah meningkat, sehingga membahayakan pengaturan penurunan ketegangan dan kestabilan regional, serta merusak upaya bagi penyelesaian politik.

“Meskipun ada berita positif dari Irak dan kekalahan jaringan IS, kebanyakan wilayah Timur Tengah terus berada dalam cengkeraman tragedi kemanusiaan yang sangat besar,” kata Mladenov kepada Dewan Keamanan PBB, Rabu (21/2).

Berkaitan dengan kondisi itu dan setelah lebih dari satu abad permusuhan termasuk 50 tahun pendudukan militer yang terus berlangsung, Israel dan Palestina masih tidak bertambah dekat dengan perdamaian.

“Musuh perdamaian terus tumbuh makin meyakinkan dari hari ke hari. Mereka memandang setiap kegagalan kekuatan moderat sebagai kemenangan buat kekuatan radikal. Mereka percaya pertikaian politik berjalan dengan menguntungkan mereka. Dari hari ke hari, mereka makin besar hati,” katanya.

(Andy AbdulHamid)